Tumis Jamur Kuping

Jamur kuping merupakan salah satu jenis tumbuhan yang memiliki nutrisi tinggi. Jamur ini sangat populer dijadikan bahan makanan di Indonesia dan mudah untuk mendapatkannya. Supaya bisa dinikmati harus diolah terlebih dahulu menjadi menu masakan, bisa dengan cara dibuat sup, capjay atau ditumis seperti gambar di bawah ini.

Berikut adalah beberapa manfaat jamur kuping untuk kesehatan :
– Melancarkan pencernaan
Jamur kuping memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga mampu melancarkan pencernaan dengan baik. Konsumsi satu porsi jamur kuping per hari dapat memenuhi hingga 50% kebutuhan serat harian dalam tubuh.
– Meringankan gejala wasir
Manfaat jamur kuping masih berkaitan dengan kandungan serat yang tinggi. Bagi penderita wasir jamur mampu memperlancar buang air besar karena sembelit. Untuk itu penderita wasir diharuskan untuk mengonsumsi serat lebih banyak, namun juga tidak boleh berlebihan, bisa dengan mengonsumsi jamur kuping ini.
– Mencegah anemia
Salah satu penyebab anemia karena kurangnya asupan zat besi dalam tubuh. Zat besi sangat penting untuk pembentukan sel darah. Dengan mengonsumsi satu porsi jamur kuping dapat memenuhi kebutuhan zat besi sekitar 9-21% per hari. Anemia juga bisa dicegah dengan menghindari kebiasaan minum teh disela-sela makan karena teh dapat menghambat penyerapan zat besi.
– Melancarkan sirkulasi darah
Jamur kuping mampu mengencerkan darah dan menghambat pembekuan darah, sehingga menghindari munculnya penyakit dan komplikasi lainnya.
– Menurunkan kadar kolesterol
Jamur kuping memiliki efek positif terhadap kadar kolesterol dalam darah, karena mampu melancarkan sirkulasi darah dengan baik.

Setelah mengetahui manfaat jamur, yuk masak menu ini, bahan-bahan yang harus disiapkan:
– 250 gr jamur kuping
– 100 gr wortel
– 200 gr brokoli
– 2 btg cabe hijau
– 1 buah bawang bombay
– 1 buah sosis
– petai (bagi penggemarnya)
– minyak goreng secukupnya
– air kaldu jamur secukupnya
Bumbu yang dihaluskan:
– 8 siung bawang merah
– 3 siung bawang putih
– 1 cm kencur
– 1 cm terasi
– garam
– gula merah

Cara membuatnya:
– Bersihkan jamur, brokoli, wortel, dan sosis, kemudian potong-potong
– Cabe hijau diiris tipis serong
– Bagi penggemar petai bisa ditambahkan irisan petai
– Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan cabe hijau, jamur, wortel, brokoli, bawang bombay dan potongan sosis
– Aduk tumis hingga setengah matang, tambahkan air kaldu jamur setengah gelas
– Biarkan sampai air meresap, kemudian cicipi
– Angkat dan sajikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.